Friday, June 3, 2011

pulau-pulau indah yang ada di indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang sebenarnya memiliki banyak pulau-pulau indah di dalamnya, berikut ini adalah 10 Pulau Terindah di Indonesia:

1. Pulau Bali

Tak perlu bicara banyak tentang pulau indah yang satu ini. Pulau yang mempunyai banyak sekali keindahan dari segi kekayaan alam maupun kebudayaan ini sudah banyak dikenal di dunia internasional. Banyak turis lokal maupun mancanegara yang berbondong-bondong datang untuk melihat "surga dunia" yang ada di pulau ini. Banyak sekali tempat-tempat wisata yang dapat kita kunjungi, antara lain adalah Pantai Kuta, Pantai Dreamland, Tanah Lot, Pantai Sanur, Danau Kintamani dan masih banyak lagi. Ada yang belum pernah ke Bali? Mungkin Bali adalah salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi orang-orang Indonesia.



2. Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemAndangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman. Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.



3. Pulau Komodo
Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.

Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.

Jika Anda ke Pulau Komodo, cobapergi ke ke pantai merah. Pantai merah mempunyai pasir yang berwarna merah ini kabarnya sangat sulit untuk menuju ke lokasi, karena menjadi daerah tertutup, tapi kata sulit bukan berarti tidak bisa di capai, jadi selamat menikmati pantai merah.



4. Pulau Lombok

Pulau Lombok hampir sama dengan Pulau Bali, sudah banyak sekali artikel-artikel di internet mengenai pulau ini. Beda Pulau Lombok dangan Pulau Bali mungkin adalah pengunjung mancanegaranya, di Pulau Lombok turis mancanegaranya cenderung lebih terpelajar, lebih sopan, lebih tua, dan lebih kaya. Jika Anda mencari suasana tenang, Lombok lah salah satu pilihan untuk merefresh otak Anda dengan pemandangan pantai Senggigi. Di Pulau Lombok juga ada tiga pulau yang terkenal yaitu, Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Peno.



5. Kepulauan Karimun Jawa

Kepulauan Karimun Jawa ini terletak di utara kota Jepara Jawa Tengah. Kepulauan Karimun Jawa terdapat 27 pulau, dan hanya beberapa pulau yang berpenghuni. Di Kepulauan ini banyak sekali pilihan wiasata yang menarik, tapi yang paling menarik adalah wisata selam, karena wilayah ini terkenal akan kekayaan flora dan fauna bawah laut. Banyak hotel sampai penginapan di Kepulauan Karimun Jawa, dan harganya relatif murah, mungkin Anda harus mencoba lokasi yang satu ini.



6. Pulau Bunaken

Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Pulau Bunaken dapat di tempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Meskipun meliputi area 75.265 hektare, lokasi penyelaman (diving) hanya terbatas di masing-masing pantai yang mengelilingi kelima pulau itu.

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.



7. Pulau Sempu

Pulau Sempu, adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Dalam pulau ini nyaris tidak ditemukan mata air payau. Pulau Sempu akan memberikan sensasi kepada Anda seperti bermain dalam film The Beach. Pulau ini tak berpenghuni dan pantanya mirip Phi Phi Island Thailand.



8. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah obyek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.

Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove). Selain itu banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya.

Jika Anda ke berkesempatan untul berlibur di Kepulauan ini, jangan lupa untuk berenang bersama ubur-ubur tanpa khawatir akan disenngat.




9. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak terletak di kabupaten Pesisir Selatan, provinsi Sumatera Barat. Letaknya di Teluk Mandeh, 40 km di sebelah selatan Padang, dan 5 km dari pantai. Luasnya 40 km². Cubadak dapat dicapai dengan kapal dari desa Carocok. Cubadak terdiri dari hutan di mana berbagai jenis satwa hidup. Pulau ini hanya didiami beberapa keluarga nelayan dan dikelilingi batu karang.

Pulau Cubadak menawarkan keindahan wisata bahari yang sangat memukau dan tidak kalah dari objek wisata lainnya. Pasir pantai di pulau ini berwarnah putih dengan air laut yang juga sangat bersih dan tenang. Selain bisa menikmati keindahan alam, di pulau ini banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti berenang di laut, menyelam dan jet ski, bermain banana boat sambil berenang di tengah laut.



10. Pulau Belitung

Belitung dulunya dikenal sebagai Billiton adalah sebuah pulau di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pulau ini terkenal dengan lada putih (Piper sp.) yang dalam bahasa setempat disebut sahang, dan bahan tambang tipe galian-C seperti timah putih, pasir kuarsa, tanah liat putih, dan granit. Serta akhir-akhir ini menjadi tujuan wisata alam alternatif. Pulau ini dahulu dimiliki Britania Raya (1812), sebelum akhirnya ditukar kepada Belanda, bersama-sama Bengkulu, dengan Singapura dan New Amsterdam (sekarang bagian kota New York). Kota utamanya adalah Tanjung Pandan. Belitung adalah pulau istimewa dengan pantai-pantai pasir seputih kertas berbatu granit artistik, air laut jernih, dan pulau-pulau kecil eksotis seperti cerita Laskar Pelangi.







ternyata indonesia mempunyai begitu banyak pulau-pulau yang indah bukan ?
mari kita ikut jaga dan ikut kita lestarikan bersama !

No comments:

Post a Comment

Post a Comment